Berguna Bagi Nusa dan Bangsa

Saya masih ingat betapa seringnya membaca atau mendengar ucapan ini ketika ada bayi yang baru lahir: Semoga menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.  Sekarang kedengarannya sangat klise, dan kita lebih sering memakainya dalam konteks guyonan.  Tapi kalau dipikir-pikir there is truth behind this sentence.

Pertanyaan kalau sudah besar mau jadi apa? mungkin umurnya sama tuanya dengan meja setrika ibu saya.  Bahkan lebih tua. Baru masuk tk saja kita sudah ditanya mau jadi apa.  Bisa baca aja belum ooommm….

Pikiran jadi apa menempel juga pada saya, dan menjadi tujuan hidup masa kecil saya. Singkatnya, saya harus belajar yang baik supaya jadi orang.  Jadi apa dalam benak saya saat itu masih sangat mainstream.  Jadi dokter, jadi guru, jadi lawyer, jadi polisi, jadi pramugari, adalah pemahaman saya tentang jadi orang.  Tanpa memikirkan mengapa.

Namun belakangan saya merasa berguna bagi nusa dan bangsa menjadi lebih penting daripada jadi apa.  Sebenarnya kalau disederhanakan, kalimat itu kan maksudnya berguna bagi orang lain.  Kita tidak hidup sendiri, dan seharusnya tidak hidup hanya untuk diri sendiri.  Saya yakin setiap kita ditempatkan di bumi ini untuk suatu tujuan yang baik.  Jadi, apapun yang kita lakukan, apa pun profesi kita, seharusnya berguna bagi orang lain.  Tidak jadi beban, apalagi jadi penyakit.

Pelan-pelan saya belajar menularkan pengertian ini pada anak-anak.  Bahwa mereka belajar sekarang agar nantinya bisa melakukan sesuatu yang membantu orang lain.   Ketika mereka menekuni suatu hobi pun, entah itu musik, melukis, main bola, menyanyi, kerajinan tangan, tujuannya adalah mendatangkan manfaat bagi orang lain.

Duh, sudah cukup berpikir kerasnya.  Sekarang yuk berpikir ringan. Masak apa hari ini?

Leave a Reply

